Kamis, 19 November 2009

Cara Cepet Maen Keyboard!!!

Diposting oleh Alik kandhita di 20.17
 
Hai hai…kali ini aku bakal ngebahas pengalamanku and share trik-trik belajar keyboard secara cepat alias otodidak gt deh…Yah walaupun akunya sendiri belum bisa banget maenin keyboard, tapi trik ini berguna banget buat temen2 yang belum pernah tau sama sekali gimana cara bermain keyboard.
OK Letz start aja deh…
1.        Pertama yang mesti disiapin yaitu keyboard standart…yang aku maksud yaitu keyboard yang bisa dimainin dua tangan sekaligus. Kan ada juga tuh keyboard mainan yang gak bisa dimainin dua tangan…bunyinya error banget cuy kalo dipake 2 tangan!!! Argkh…gak banget deh! Hihihihi
2.      Nah yang kedua ini jangan mencet tuh keyboard dulu…hehehe ntar lecettt!!! Agagaga…gak dink…maksudnya disini km mesti melakukan yang namanya tes kepekaan dulu…Caranya gampang kok…km coba dengerin dalam bayangan kamu tentang satu lagu yang gampang. Ya lagu anak2 kek…kayak balonku ada lima juga boleh…pokoknya yang kamu apal gt deh…
Misal: “Balonku ada lima…”
Km coba nyanyiin nada pada bait itu…km coba cocokin nada kamu di keyboard km…pencet tuh keyboard…cobain tuts yg mana aja sampe ketemu yg cocok..pokoknya antara suara di keyboard ama suara kamu mesti sama persis. Selain itu panjang n pendeknya nada yg kamu mainin mesti sesuai ama suara km. Kalo kamu kesulitaan (dan emang ada orang yg gak tau fales ato gaknya nada, hehehe) coba kamu minta tolong ama temen kamu ato siapa buat ngedengerin hasil nada kamu di keyboard n di suara kamu…Latihan trs kayak gini sampe bener2 km selalu pas menerapkan suatu nada ke dalam tuts tuts keyboard…dari lagu yng gampang sampe lagu yang susah…OK…OK???
3.      Setelah km uda berhasil dengan latihan kepekaan…so pasti kamu uda bisa donk…mainin 1 melodi lagu apa aja…jadi nih…setelah km berhasil dalam latihan kepekaan, kemampuan yg INSYA ALLAH bisa kamu dapetin yaitu bisa langsung mainin melodi suatu lagu yang barusan km dengerrrr…hebat kan? Kadang kalo orang yang emang bakat tuh cepet nangkep nadanya…tapi kalo yang emang susah…perlu bersabar n usaha latihan trs yaaa…ini emang memakan waktu cuy…Nah aku peringatin…cara ini bakal lebih bertahan daripada kamu Cuma langsung mencet2 tuts dengan panduan not-not angka yang uda tersedia…cara yg kaya gt Cuma ngebuat km ngapalin not-not angka suatu lagu aja…kalo km disuruh mainin lagu yg lain…ya beda lagi not-not nya…nah lho runyam kan jadinya…mending nih…kita main pake hati…jadi seolah2 tangan kita layaknya suara kita yang bisa langsung niru suatu nada…(ini nih kemampuan yang bisa kamu dapetin dari latihan kepekaan yg aku bahas di atas).
4.     Nah…ini saatnya kamu mengenal yang namanya kunci-kunci…yang bisa ngiringin melodi kamu jadi alunan music yang indah…Jadi tuh awal aku ngenal yang namanya kunci –kunci di keyboard tuh Cuma kunci C, F, and G doank. Dan emang ketiga kunci itu adalah kunci pokok atawa kunci dasar kita ngiringin suatu melodi. Nah kebanyakan lagu anak-anak make ketiga kunci itu tuh…
Let me to show you ketiga kunci-kunci pokok itu atau istilah kerennya chord, hehe


1.        yang pertama ini nih…kunci C. Jadi ketiga nada ini dimainin bareng2 gtu…inget2 letaknya…jangan salah…dipencet bareng2! Kalao diriku sih…mencet tuts C pake jempol…E pake jari tengah and G pake kelingking…inget!!! Ntu kalo mencetnya pake tangan kanan…tp kalo uda maen kibord beneran biasanya pake tangan kiri…coz yang kanan buat melodi…So…tinggal dibalik aja! OK?

1.        yang kedua…kunci F…sama aja kayak yg di atas…tinggal pencet aja ketiga nada F-A-C…OK? Penjariannya jg sama kayak di atas.





II1.        Yang ketiga adalah kunci G…sama lah…tinggal pencet doank…wkwkwkwkwk



Nah…pake kunci2 ntu…temen2 bisa maenin lagu yang gampang…! Ya lagu anak2 gt deh…hihhihi…sabaaaarrrr….dulu juga aku belajar lagu anak2 dulu kok…
Hmhmhm…segitu dulu deh…ntar kalo udah bisaaa…aku ajarin cara ngepasin kord ke melodi lagu ya…kalo bahasa gaolnya tuh Ngulix lagu gitu deh….Aku kasih tau cara yang beda! Cara yang gak seribet di pelajaran music…not not balok or apalah! Hihihihi…OK CU…Gudlak y prendzzzz…!!!!


^^

5 komentar:

  1. wahhhh...postinganku gak jadiiii...maklum baru belajarrr...hehehehehe

    BalasHapus
  2. blogmu apik lik...
    eh pasang dinggo chat ning blogmu ben ono sing ngobrol mbeg rame...mantap lik

    BalasHapus
  3. walahh gambare ono seng gak dadi ko...hehehhe

    lha carane pie ko? bingung binti ane bingung ki huhuhuhu

    BalasHapus
  4. kung.. aku blajare lgsg dr km aja ah..
    hahaha

    BalasHapus
  5. kung, kok kuncina cuma itu to.. yg lain manaa???

    BalasHapus

 

Dunia Sekitar Alik Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea